Tips Membuat Susu Formula Untuk Bayi

Untuk menambah asupan nutrisi bagi tubuh bayi, banyak ibu yang memilih tambahan nutrisi dengan memberikan susu formula. Namun tahukah ibu jika pemberian susu formula haruslah dengan cara yang tepat agar nutrisinya tidak berkurang saat penyajian?

Susu formula untuk bayi

Berikut tips membuat susu formula untuk bayi

1. Baca aturan penyajian

Sangat dianjurkan untuk mencampur susu formula dengan air seperti yang tertulis di kemasan susu formula, menyajikan susu formula yang terlalu cair akan mengurangi nilai gizi nya, sedangkan jika terlalu kental akan sulit dicerna dan bahkan berbahaya bagi ginjal bayi.

2. Lakukan pengujian panas

Teteskan sedikit susu formula ke tangan ibu untuk memastikan susu tidak terlalu panas.

Jangan pernah mengujinya dengan meneteskan pada pergelangan tangan, karena bagian pergelangan tangan kurang sensitif terhadap suhu panas.

3. Posisikan bayi dengan benar

Tahukah ibu bahwa meminum susu formula dengan posisi bayi berbaring dapat meningkatkan resiko tersedak, bahkan menurut penelitian dapat juga menyebabkan kerusakan gigi hingga infeksi telinga.

Posisikan kepala bayi lebih tinggi dari posisi tubuhnya saat meminum susu formula.

4. Buang jika tidak habis

Jika susu formula tidak habis, ibu sebaiknya tidak menyimpannya untuk diberikan lagi nanti.
Susu formula hanya baik jika dibiarkan dibawah 2 jam di suhu ruangan, namun jika ibu menyimpannya di lemari es, susu formula yang telah dibuat tahan hanya untuk satu hari.


wdcfawqafwef