Cepat Atasi Dengan Tepat Jika Anak Muntah

Kenapa anak sering muntah dan apa yang harus dilakukan jika anak muntah? pertanyaan itu mungkin terlintas melihat si kecil memiliki kecenderungan untuk sering muntah.
Muntah pada anak bisa disebabkan banyak hal, yuk berikan penanganan yang tepat karena muntah terus menerus dapat menyebabkan dehidrasi pada anak anda.

Anak sering muntah

Muntah pada anak bisa disebabkan oleh infeksi di saluran pencernaan yang bisa disebabkan oleh virus maupun  faktor non infeksi seperti terlalu banyak makan, keracunan makanan, alergi, batuk, dan lainnya.

Sebenarnya muntah bisa merupakan hal positif untuk mengeluarkan racun dari tubuh sebagai reaksi alami self defense tubuh anak anda, namun jika terlalu sering dikhawatirkan dapat menyebabkan efek buruk seperti dehidrasi, penurunan kesadaran, kerusakan gigi karena asam lambung, lemah, gangguan pada pandangan, dan lainnya.

Lalu apa yang harus ibu lakukan jika si kecil muntah?

Penanganan pada anak muntah

Hal pertama untuk menghindari terjadinya dehidrasi, ibu harus berikan banyak cairan atau minum untuk mengganti cairan tubuh yang terbuang, pada bayi yang masih menyusui ibu bisa memberikan ASI, atau susu formula yang lebih encer.

Jika anak sering muntah saat sedang berbaring, posisikan menyamping atau telungkup agar muntahan tidak masuk ke saluran pernafasan.

Menghindari muntah pada anak

Makanan makanan padat dan berlemak bisa menjadi pemicu muntah, sebaiknya hindari memberikan terlalu banyak pada anak.
Konsultasikan juga dengan dokter jika frekuensi muntah pada anak terlalu sering, dan timbul efek negatif seperti yang sudah saya tulis di atas.

wdcfawqafwef